Cara Budidaya Ikan Cupang

Diposting oleh Adie07 pada 20:26, 22-Des-11

Di: Dunia Air

hjj.jpgbettabreed3.jpg

Assalamu'alaikum wr''wb


Langsung aja nih teman2 k,ta k'pokok masalah. Budidaya ikan cupang sebenarnya tidaklah sulit. Bisa dikatakan mudah sekali dengan modal yang sedikit pula, bayangin aja dengan modal hanya 25 rb aja(untuk beli sepasang indukan jantan n betina kualitas yg lumaian bagus)bisa berlipat ganda berkali2 lipat,kalo dari satu kali pemijahan aja bisg menghasil kan ±200 anakan n bisa dijual dengan harga 5000 aja perekor nya hayo jadi nya brapa, belum lagi kalo Cupang yg di hasilkan kualitas kontes atau bahkan EKSPOR begGh bisa nyaho dech...biggrin. Tapi banyak juga peminat pembudidaya ikan cupang namun kurang paham masalah cara pembudidayaan atau pembibitan ikan cupang. Karena itu Ane coba membantu para pecinta ikan cupang khususnya pembibit ikan cupang yg pemula,mengenai cara mudah bubidaya ikan cupang.

Untuk budidaya ikan cupang membutuhkan kolam 1-5 meter persegi. Dan bisa juga sobat letakkan di atas dek rumah atau dipekarangan yang relatif sempit, dengan menggunakan wadah bekas ataupun kolam bak semen atau akuarium.

Menurut Ane Ikan ini gampang2 susah untuk dibudidayakan,karna walupun tidak memerlukan pakan khusus tpi biasa nya kendalanya adalah pada waktu pembesaran nya sendiri. Pakan ikan untuk benih biasanya digunakan pakan alami berupa kutu air (yg sudah disaring terlebih dahulu utk benih ikan yg baru berusia 2-10) yang dapat ditemukan di selokan yang airnya tergenang atau toko2 ikan hias yg ada d,tempat sobat. Untuk induk cupang bisa digunakan pakan dari jentik-jentik nyamuk . Untuk pertumbuhan anak ikan bisa diberi kutu air dan diselingi dengan cacing rambut/cacing sutra, supaya lebih mempercepat pertumbuhan anak ikan.

Wadah Budidaya

Pada umumnya wadah pemeliharaannya adalah Bak Semen yang ukurannya ga perlu besar yaitu cukup ± 1 x 1 atau 1 x 2 m atau bisa jg pakai akuarium 100 x 40 x 50 cm, sedang wadah perkawinannya lebih kecil dari wadah pembesaran, yang bisa digunakan antara lain adalah baskom, akuarium kecil atau ember yang dapat dipakai untuk memijahkan ikan ini.

Ciri-Ciri Khusus

Ciri-ciri khas yang dimiliki oleh ikan cupang hias jantan adalah selain warnanya yang indah, siripnya pun panjang dan menyerupai sisir serit, sehingga sering disebut cupang serit(utk jenis cupang mahkota). Sedangkan ikan betina warnanya tidak menarik (kusam) dan bentuk siripnya cemdrung lebih pendek dari cupang jantan.

Ciri Ikan Jantan untuk Dipijahkan

☆ Umur ± 4 bulan.
☆ Bentuk badan dan siripnya panjang (untuk hofmoun n cupang mahkota/jarum) dan berwarna indah.
☆ Gerakannya agresif dan lincah.
☆ Kondisi badan sehat (tidak terjangkit penyakit).

Ciri Ikan betina untuk Dipijahkan

☆ Umur telah mencapai ± 3-4 bulan.
☆ Bentuk badan membulat menandakan siap kawin.
☆ Gerakannya lambat.
☆ Sirip pendek dan warnanya tidak kurang menarik.
☆ Kondisi badan sehat.

Pemijahan dan Perawatan Ikan Cupang

Setelah induk cupang hias dipersiapkan begitu pula dengan wadahnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan:

1. Persiapkan wadah baskom/akuarium kecil dan bersih.
2. Isi wadah dengan air bersih dengan ketinggian 10 – 30 Cm, lebih baik lagi kalo air nya di endapkn terlebih dahulu satu malam.
3. Masukkan induk ikan cupang jantan lebih dahulu selama 1 hari.
4. Tutup wadah dengan penutup wadah apa saja.
5. Sehari kemudian (sore hari) induk betina telah matang telur nya dimasukan ke dalam wadah pemijahan.
6. Biasanya pada pagi harinya ikan sudah bertelur dan menempel disarang berupa busa yang dipersiapkan oleh induk jantan.
7. Induk betina segera dipindahkan dan jantannya dibiarkan untuk merawat telur sampai menetas.

Pembesaran Anak Ikan Cupang

1. Ketika burayak atau larva(sebutan untuk bayi ikan yg baru menetas) ikan cupang sudah dapat brenang dan sudah habis kuning telurnya, sudah harus disiapkan media yang lebih besar untuk tempat pembesaran.
2. Pindahkan anakan bersama induk jantannya tpi jangan dalam satu wadah ya mrgreenhe..3x
3. Kemudian benih ikan diberi makanan kutu air dan wadah ditutup.
4. Sepuluh hari kemudian anak ikan dipindahkan ke tempat lain.
5. Dan selanjutnya setiap satu minggu, ikan dipindahkan ke tempat lain atau kalo sobat ga mau repot, cukup dengan mengganti air dengan rutin supaya lebih cepat besar.

Pasca panen jeng..jeng...cool
yaitu setelah usia ikan cupang mencapai 1 bulan sudah dapat dilakukan pemanenan sekaligus dapat diseleksi atau dipilih. Ikan yang berkwalitas baik dan cupang hasil seleksi dipisahkan dengan ditempatkan ke dalam botol- botol (klo ada sih lebih baik aquarium) tersendiri agar dapat berkembang dengan baik serta menghindari perkelahian sesama cupang jantan, klo betina nya digabung juga ga apa2 BIASANYA.
Setelah usia 1,5 sampai 2 bulan cupang hias mulai terlihat keindahannya dan dapat dipasarkan.
KALO SOBAT MAU MEMBUDIDAYAKAN INI IKAN, SARATNYA SOBAT HARUS RAJIN n ULET
Klo ada yg kurang jelas atau tidak mengerti bisa ditanyakan di BAWAH.

¤¤ Wässäläm mualai'kun wr'wb ¤¤
donasi.jpg

Sumber: Http://www.blogiztic.com & hasil dari berbincang2 sesama pecinta cupang KHUSUS NYA FAHMI n OZIE

Artikel Terkait:
arrow.jpg Cara Budidaya Ikan Guppy

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

122 tanggapan untuk "Cara Budidaya Ikan Cupang"

fahrin pada 06:15, 23-Des-11

mantab gan,
lanjutkan..!

AguSoulmate pada 08:32, 23-Des-11

Kunjungan Persahabatan Gan
Kalo sempat, mampir ya ke Blog Ane 8) Kagak ada yang baru sih, cuman Kritik, Saran , and Follow dari Ente sangat berarti bagi Newbie ini smile

Adie_07 pada 09:06, 23-Des-11

@fahrin,
tank's sob

Adie_07 pada 09:08, 23-Des-11

@AguSoulmate,
oke gan, ane segera meluncuk

Adie_07 pada 09:08, 23-Des-11

@AguSoulmate,
oke gan, ane segera meluncuk

AguSoulmate pada 15:35, 23-Des-11

nyimak 8)

Adie_07 pada 17:25, 23-Des-11

silahkan gan

danny pada 18:29, 04-Apr-12

mas,
q dh bisa mpe burayak netas, tpi semua kok mati trus. udah mpe 3 kali.
q ksih pkannya kuning tlur rebus.

tlong sarannya

Adie_07 pada 10:23, 05-Apr-12

@Danny,
berayak nya sudah dipindah kan ketempat yg besar lg ga.,..?

Atau gini aja,
sewaktu kita melakulan pemijahan letakan di kolam lakukan penyekat'an sementara dengan menaruh busa(atau apapun) sewaktu dalam masa perkawinan dan beberapa hari setelah anakan ikan nya menetas, setelah berayak ndah bisa berenang dengan baik lepas kan sekat tadi dan jangan lupa ikan jantan nya jg ya... Untuk tempat pemijahan nya
ditrik ini sih ane saranin menggunakan kolam dari kardus,papan atau apa lah yg penting bisa disekat kalu bentuk tempat pemijahan nya bulat mengkin akan lebih sulit untuk menyekat nya.

Untuk pakan nya coba aja
alternatip lain seperti: air bekas hasil permentasi sayuran seperti kol/kubis, bama peng li, kutu air yg sudah disaring pake saringan teh terlebih dahulu, artemia(tapi mahal banget).

Agung pada 11:34, 20-Apr-12

Gan kalau pakan untuk burayak2 ikan cupang kan kutu air tppi gmana cara mendapat kan'a ??
Tlong tips'a ya ..

Adie_07 pada 08:32, 21-Apr-12

@Agung,
kalo saya biasa nya mencarinya diselokan selokan air yg air nya tergenang, atau dirawa2...kalo masih sulit mencarinya coba gunakan pakan alternatif aja sob..ana
dah pernah
mencobanya dan alhamdulillah
hasil nya mumuaskan...mrgreen

dede suryadi pada 19:47, 26-Apr-12

gimana ya aku sdah sering pijahin ikan cupang setelah keesokannya netas , setelah 5-6 hari anak anak nya mati terus .
kalau pakai enceng gondok itu bisa efektif nggak untuk pijahannya ya?

Adie_07 pada 09:34, 27-Apr-12

@Dede Suryadi,
emang nya anakan ikan nya kamu kasih makan apa..?, biasanya sih kalo anakan ikan nya mati paling karna kelaparan atau tempat nya yg ga sesuai

bruri pada 23:49, 27-Apr-12

ane,
udah ny0ba beberapa kali, tp gagal stelah menetaz gan, ,
kesulitan pakan, sad
skrg ane lg ny0ba lg, d0.ain gan. .
sma dkasi tipz lg biar ana yakin, lol

Adie_07 pada 09:44, 28-Apr-12

@Bruri,
coba aja sob beberapa tips
diatas..

gugun gunawan pada 09:05, 14-Jun-12

klo air d setiap daerah mempengaruhi pertumbuhan ikan ga mohon penjelasannya mas

Adie_07 pada 10:15, 14-Jun-12

@Gugun Gunawan,
Emang air di daerah kamu kenapa..?

Setau sayg yg biasa mempengaruhi hasil Budidaya nya adalah paktok cuaca.
Atau kalo kamu mau, kamu bisa menambah kan garang tanpa yodium atau garam kristal secukupnya, kamu cari aja di toko2 ikan hias ditempat kamu...Insya Allah ada..

wafi pada 00:29, 10-Jul-12

setlah induk jantanny jagain telor ,bisa di pijah lagi kapan..

Adie_07™ pada 09:53, 10-Jul-12

menurutku 1 minggu aja dah cukup tuk mengembalikan kondisi nya...ᒽ

Ignition Switch pada 10:22, 12-Jul-12

Selang waktu brp lama dr hbs netas, anakan bs dpndah bro? Biasax wkt dpndah pke jaring, ikan jd tputar2 di air kena gerakan jaring, jdix bnyk yg mati. Bs ksh tips aman wkt pndhkan burayak kh bro? Tq....

Adie_07™ pada 12:15, 12-Jul-12

coba kamu pindah kan dengan menggunakan cangkir atau apalah dengan perlahan aja, jangan pake saringan

arman pada 17:40, 16-Jul-12

tankz gan,kpn2 boleh nta sarn lg ea

hendra pada 00:37, 21-Jul-12

bro gw ud siap pemijahan,n buryak ud netas,udh 5-6 hr,kok burayak pda mti smua bray.
gw ksh mkan artemia, ,n smpi umur brapa burayak d ksh pakan artemia.

Adie_07™ pada 04:03, 21-Jul-12

menurut pengalaman dari salah satu teman ku, setelah umur burayak sudah_+ 4 hr sudah bisa kita beri makan Artemia...

Fajar pada 07:02, 22-Jul-12

bos... apa kolam yang kena sinar matahari secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan burayak ??? turs kalau kolam di taruh kolam yang berlumut apa masih perlu di kasih makan ??

Adie_07™ pada 12:35, 22-Jul-12

@Fajar,
Munurut pengalamanku cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan burayak,
Tetap harus diberi pakan sob, karna lumut itu gunanya hanyar tuk cuci mulut doang sob...wkwkwkbiggrin

Ignition Switch pada 14:33, 06-Agu-12

Carax bkin pakan alternatif gmn bro? Tq.

Adie07 pada 16:06, 06-Agu-12

kalo cupang Q sich biasa nya Aq kasih mkn BAMA PENG LI (atau sejenisnya) yg no.1 aja klo nyari jentik2 lg susah banget, kamu cri aja ke toko pakan2 ikan Insya Allah ad,..

muchtar ali pada 18:54, 06-Agu-12

beler seng li apa gan? atau agan sms ane aja 087788576248 tolong agan sms cupang. ntar ane bales

Adie07 pada 19:19, 06-Agu-12

di tempat Q martapura KAL-SEL. Kata "pelet(pakan ikan)" di sebut "bama"

Adie07 pada 22:29, 06-Agu-12

mungkin bdn cupang betina nya terlalu besar sob, usahakn klo ad betina x ukurn bdn X harus lebih kecil dr pda yg jantan.

Atau bsa jg begini, km taruh terlebih dahulu cupang jantan nya ditempat pemijahan, lalu betina x km taruh di botol (yg sdah di potong atas nya)/ aquarium kecil atau sejenisnya, yg penting sisinya harus transparan. Lalu taruh botol / aquarium td ke tempat pemijahan x, biarkn dulu selama -+ 1-2 hr tergan tung bagaimana keAgresipan si ikn, baru km gabung antara cupang jantan n betina X, gunanya supaya antara si jantan n betina nya terjdi pendekatan terlebih dahulu..,istilah keren nya PD kate....biggrin

والله أعلم

muchtar ali pada 01:55, 07-Agu-12

thx bgt sob jawaban nya, gedean jantan koq ukuran nya,malah skarang aq coba cara kmu berhasil cma di taru di botol ckckck ikan jantan nya gelisah bikin sarang ywd aq satuin aja eh kan berantem tuh, aku tinggal tidur sampe jam stengah 1 malam dh bersarang banyak tinggal nelor doank. o iya gan ntar kasih tau tips ngerawat anak cupang ya thx.

Adie07 pada 04:03, 07-Agu-12

Siip

mahbub pada 12:15, 15-Agu-12

boleh tanya nggax,kira2 kalo kuning telur si larva ikan cupang dah abiz berapa hari ya,,,,....?????

Adie07 pada 14:18, 15-Agu-12

-+ 2 ape 3 hr

mahbub pada 10:45, 16-Agu-12

thank's yach abang2,.

@achmad rizky pada 15:21, 27-Agu-12

Gini pkan burya umur 3-4 hri tu apa

Adie07 pada 07:34, 29-Agu-12

kutu air, kalo ada yg udah disaring pake "saringan teh" terlebih dlu

zaie pada 22:51, 07-Sep-12

ma'af gan numpang tanya sy dah coba breed netas dan sekarang umurnya dah 2 bulan tp masih dijadikan satu aquarium, yang saya tanyakan gimana membedakan jenis jantan dan betina diusia
2 bulan tersebut ?
terima kasih

Adie07 pada 14:26, 08-Sep-12

cara gampang kok, kamu tingal liat aja di bagian bwh badan si ikan kalo ada titik putih, itu dah bisa di pastikan 95% kalo ikan itu adalah betina, kalo ga ad ya sebaliknya..

Atw dapat di lihat dr kecerahan wrna nya dan bentuk ekor nya, karna cupang betina warna nya cendrung lebih kusam dan ekor nya aga pendek...

zaie pada 21:06, 09-Sep-12

Thx berat Gan petunjuknya, klo tidak keberatan question again sebenarnya usia berapa hari dari netas burayak harus dipindah ke tempat lain, maksudnya ditempat baru nanti berikut airnyapun juga baru dan mungkin punya tips termudah saat memindahkan buruyak, kemarin yang sy lakukan disedot disaring alhasil burayak banyak yang ko'id alias mati.

Terima kasih

Adie07 pada 01:02, 10-Sep-12

pake gelas plastik bekas minuman kemasan atw apa lah yg sejenisnya, pindah kan secara perlahan

F - Fenk pada 16:37, 03-Okt-12

Mikum gan...
Pakan utk bruyk selain kt.air,pelet,cuk,cacing,kning tlur..
Kira2 ap lg ya..?
Biar bruyak ny tdk mati kelaparan..
Dan kejernian air ny gk mdh ktor...

Adie07 pada 02:48, 04-Okt-12

@F - Fenk, ada kang artemia tapi harga nya selangit di jamin top cer deh dan air ga akan ktor..biggrin

oxy pada 20:05, 15-Okt-12

pengen nanya nih bang.. kalo gua msalahnya klo udh umur 3 minggu itu anakan pasti dislurh badannya ada bintik putih ya smacam kyak ada yg nempel gtu lah..

biasanya kalo udh ada itu bnyk yg mati,, nah,prtanyaannya itu tuh apa si ? dan gmana cranya biar nggak ada itunya lagi ?

komen yak yg tau,,tolong abis hsil ane dikit mlu..

Adie07 pada 21:45, 15-Okt-12

mohon ma'af gan Aq ga pernah mengalami masalah seperti itu...ᓵ

Moga aja teman2 yg lain ada yg tau

oxy pada 16:05, 16-Okt-12

oh gitu ya bang.. mungkin karna slama 3 minggu airnya ga gua ganti jd mungkin pd kena jamur..

oiya bang,,trus gua pengen nanya lg ni,mungkin abang lbih ngerti
- klo udh netes cwo'an diambil pas burayak usia brape ?
-trus burayak bsa dipindah k tmpat yg lbh gede itu pas usia brapa ?
-trus kalo dipindah cwonya jg dipindah nggk?
#comen ya,,maap nih klo bnyk tanya

Adie07 pada 17:41, 16-Okt-12

=> kurang lebih 1 bln, (tergantung pertumbuhan si ikan) kira2 besarnya kurang lebih kaya ujung jari telunjuk. Dan tergantung tingkat keagresipan si ikan

=> setelah burayak nya sudah pandai berenang, -+ 1-2 minggu.

=> justru cwo nya lah yg sangat penting tuk dipindahkan, soal kalo ga di pindain Anak cowo nanti bisa2 pada tawurun mereka ....hihi..biggrin

oxy pada 16:15, 17-Okt-12

haha biggrin brcanda aja lu gan..

gua coba ikutin kata lu dah,,thanks yak smile

Gilang pada 04:28, 24-Okt-12

Numpang tanya ,
Apa ga apapa klo ikan nya d kasih pelet trus menerus dr mulai menetas hingga dewasa?

Adie07 pada 06:07, 24-Okt-12

Sebenarnya bahaya jg sih, soalnya di badan ikan nanti bisa muncul tonjolan2 kecil...
Tpi kalo kamu mau tetap make pelet, setiap kamu selesai memberi makan nya dengan pelet langsung sedot sisi2 pelet yg masih ada dengan selang kecil, . .

Chinta pada 17:40, 31-Okt-12

Minta n0.pe donk biar bisa tanya2 lebih banyak.

kalo boleh si . . .
biggrin

Chinta pada 18:42, 31-Okt-12

Makasii ,,
insya allah ntar aku zmz.

Chinta pada 18:44, 31-Okt-12

Makasii ,,
insya allah ntar aku zmz.

Chinta pada 18:45, 31-Okt-12

Makasii ,,
insya allah ntar aku zmz.

feby pada 20:50, 03-Nov-12

kk kalo makananya ga ada kutu air anak cupangnya saya kasih apa?


MAKASIH smile

Adie07 pada 11:20, 04-Nov-12

coba aja beberapa Alternatif di atas

uyonzi pada 14:00, 04-Nov-12

Gan blh nanya g?
Klo cara ngasi makan burayak pke microworm?karena aq bngung bnget kya nya cupang q cuek bnget klo dksih kuning telur rebus.smntara kutu air dsni ssah bnget nyari ny.
Tlong dbntu gan.

Adie07 pada 17:29, 04-Nov-12

emang Anakan ikan kamu usianya dah brapa

pendi pada 20:12, 04-Nov-12

gan boleh tanya ga ????
gan gman sie cara pemijahan yg bener , saya dah nyoba tpi gagal ,,,,
mohon penjelasanya,,,,,
trims...

Adie07 pada 06:57, 05-Nov-12

@pendi,
Kamu coba aja dulu beberapa cara diatas, law ada masalah baru km tanyakan, insya allah kalo Aq tahu jawabannya Akan aq jawab...

kutuAIR pada 09:28, 06-Nov-12

gan klo anak cupang yg baru netes setelah 3 hari dksh kutu air beku bgs ga ya?

Adie07 pada 10:24, 06-Nov-12

ga pernah liat tu gimana kutu air beku, jd ga bisa kasih masukan deh,.. Ma'af ya sob..sad

oxy pada 16:46, 12-Nov-12

gann..
pengen nanya lagi..
gua udah mijahin tuh,,tapi stiap seminggu pasti mati kenapa itu?
awalnya burayak netes udah dkasih kutu air udh dsaring tp makin hari ga tambah gede trus biasanya pas seminggu uadah mati smua...

comment yang tau yak ..

bawie pada 17:58, 12-Nov-12

Gmana kalau kawin silang misalnya jantan serit betina pelakat gmana hasil anakanya gan

Adie07 pada 18:11, 12-Nov-12

Kamu kasih kutu airnya setelah umur ikan brapa hari, dan Apa media yg kamu gunakan untuk melakukan perkawinannya.

Sekedar masukan nich, Pakan kutuair baru diberikan setelah usia burayak -+ 3-4 hr. Dan setelah burayak berusia -+ 1 minggu dan sudah pandai berenang Langsung pindah aja Burayaknya ke tempat yg lebih besar (lebih bagus lg kalo tempatnya terkena sinar Matahari, karna menurut pengalaman Q anakan ikan yg terkena Sinar Matahari kondisinya Cendrung lebih bugar daripada anakan ikan yg tdk terkena Sinar Matahari).

Adie07 pada 18:23, 12-Nov-12

Anaknya bakalan aneh dan kelihatan Lebih montok dan ga karuan deh pokoknya, tpi kalo kamu mau nyoba sih boleh 2 aja..biggrin

oxy pada 17:40, 13-Nov-12

3 hari udah dsaring juga..
tpi pas sminggu pas pengen dipindah ke wadah yg lbh gede,,udh pda mati..
ngapa itu ?

oxy pada 17:44, 13-Nov-12

pas 3 hari udah disaring juga..
tpi pas sminggu pas pengen dipindah ketempat lbh gede malah pada mati..
ngapa itu ?

Adie07 pada 18:43, 13-Nov-12

@oxy,
Emang media yg kamu gunakan untuk pemijahan X apa..?

oxy pada 21:32, 13-Nov-12

baskom,,sma toples kotak kyk aquarium ga trlalu kecil juga... sedeng lah

Adie07 pada 22:16, 13-Nov-12

Emang indukan yg km kwinkan Usia nya brapa, kalo menurut Q ga ada yg salah tu ama cara2 yg km pake. Biasanya kalo indukannya terlalu muda (Khususnya betinanya) Anakanya cendrung lbh labil untuk mati

kalo km mau kamu bisa coba dulu cara alternatif dibwh ini spa tau berhasil..

Untuk tempat pemijhanX pilih aja baskom dan taruh di tmpat yg sejuk dan terbuka jng di tempat yg tertutup...
Lalu Isi baskom dengan Air -+ 4 jari (ukuran jari normal) biar aja jngn trlalu tinggi airX Supaya nanti kalo telur ikan nya netas burayaknya lebih mudah tuk naik ke permuka'an.
Dan Taru dau pisang seukuran -+ satu kilan X 5 jari, atau bs jg pake busa. Biasanya nanti sijantannya Akn membuat buih dibwh nya.. . ..

oxy pada 17:25, 14-Nov-12

indukkan cwo yg 6 bln,,cwenya 5 bln..
itu beli emng yg udh siap mijah (khusus indukkan)

ya airnya juga gak terlalu tinggi,,ya saya jg udh biasa ternakin..
tpi skr2 ini aja ada aja msalahnya..

kalo msalah kasih busa mah udah krna skr mau musim ujan jd agak pasif buat bublenest indukkannya..

alie pada 16:22, 29-Nov-12

maap,
mw nya,
klo wkt yg pling baik dlm melakukan pemijahan itt kpn,?
Apa musim kemarau ato ga musim hujan,
thanks

Adie07 pada 23:02, 30-Nov-12

mesim kemarau lebih bagus sob,.

alie pada 07:50, 02-Des-12

ok,
thanks,

alie pada 07:52, 02-Des-12

ok sob,
thanks,

alie pada 07:59, 02-Des-12

ok,
thanks sob,

alie pada 11:08, 02-Des-12

maap nie,
hehe,

mau nanya,
klo anakan ikan cupang bisa di beri makan rendaman air kol, apa ga sih,
thanks,

@m1nkkk pada 02:04, 06-Des-12

Gan ane mau tanya ni...ane punya jantan pelakat usianya 7bulanan dan betinanya big giant 6 bulanan (dr malaysia) ,bisa gak di pijahin??soalnya betinya lebih besar dibanding jantan munkin sebesar jempol kaki orang dewasa,,dan media pemijahannya harus gede juga atau wadah sedang seperti baskom?? Tnx ya gann smile

sandyfe pada 02:14, 06-Des-12

Gan misi mau nanya smile Umur burayakku umur 2 hari matanya uda keliatan dan kadang naik trun ke dasar air lalu naik lg, yang sy mau tanyakan media yang sy taruh itu seperti baskom atw apalah istilahnya, gak apa2 ditutup gak takut nya kedinginan

randi prinata pada 04:39, 06-Des-12

Gan
Blh nanya gak
Kalau ikan nya udah bertelur dan netas induknya harus di pisah apo gak, kalau di pisah yg jantan apo yg betina

Tolong sarannya

randi prinata pada 04:44, 06-Des-12

Gan
Blh nanya gak
Kalau ikan nya udah bertelur dan netas induknya harus di pisah apo gak, kalau di pisah yg jantan apo yg betina

Tolong sarannya

Adie07 pada 18:04, 06-Des-12

@alie,
Bisa sob

@m1nkkk,
Wah bahaya tuh sob, tpi klo km tetap mau memijahkan nya jg ga papa sih, aQ SarAnin sih lakukan pendekatan dulu antara ikannya gan untuk mengurangi keAGresipan si ikan nya. Kalo tempat sih ga perlu besar2 nanti hasilnya ga maksimal.

@sandyfe, terserah km aja, mau ditutup bleh ga ditutup jg boleh. Tergantung sikon(situasi dan kondisi) nya aja.

@randi prinata, Dipisah gan. Kamu ambil betinanya aja sedang kan jantan nya biarkn dulu ampe Burayak nya pandai berenang sendiri

@m1nkkk pada 22:32, 06-Des-12

Adie07 :gan ane udah cobain media pemijahan PDKT'a ({}) ...tapi ane gak yakin sama betina'a,3-| ,,soal'a sama2 agresiv...gimana gan??..ohh iya gan kallo mau dipijahin dikasih pakan dulu gak apa??ohh iya gan ane mau nawariin cupang asal australia double tail 4 warna'a kuning-oren-biru-merah..ada yg mau gak??kallo mau hubungin gue di twitter @m1nkkk ​​˚☺k!˚..‎​˚☺k!˚ tnx gan smile

alie pada 21:25, 07-Des-12

@adie
rendaman air kol.ny itt yg sudah d rndam brp hri sob,?

Thanks,

alie pada 22:25, 07-Des-12

@adie
ideal.ny ngrendman air kol smpek brp hari sob,?

randi prinata pada 03:49, 11-Des-12

itu burayak nya langsung di ksh makan apo entar tunguh 2-3 hari baru di ksh makan

randi prinata pada 04:10, 11-Des-12

ikan nya di kalua burayak nya dah netas, ikan nya di ksh makan langsung apo tungguh dah bsa berenang kira2 berapa hari kasih makan nya

Adie07 pada 08:21, 11-Des-12

kurang lebih 3-4 hr

randi prinata pada 18:18, 12-Des-12

iya makasih info nya gank
oya blh mintak fb u gak biar gak payah lgi buat comen an ni

randi prinata pada 12:10, 17-Des-12

itu buyar nya di ksh makan 1 kali sekali apo tiap jam di ksh makan nya

randi prinata pada 19:19, 17-Des-12

gan
klau yg lanang nya kpn di pisah dgn buyar nya

Adie07 pada 19:24, 17-Des-12

baca aja sob komena2 diatas, dah ada kok

Kake pada 14:22, 24-Des-12

Salam kenal
hari ini burayak ku umur 1 hr di dlm toples plastik bulat ukuran 20x 20 cm. Dg isian air 10cm, dan berisi induk jantan cupang+burayak skitar 50-100ekor+10ekor jentik+2 daun ketapang(air ny agak kuning dan di dasar air ada sdikit endapan kotor . Medianya Aku simpan dlm kamar dan media pijahnya aku senterin.
Prtnyaannya, dr smua prlakuan di atas, apakah aman buat prtumbuhan burayak kedepan??

syarif pada 16:57, 01-Jan-13

Makasich lah

rifky pada 17:32, 28-Jan-13

itu wktu d'pisahin jantan sama anak'a waktu umur brpa hari sihh?

rifky pada 18:01, 28-Jan-13

mau nanya gan!
burayak cupang d'kasih makan kuning telur bisa gx?

Adie07 pada 08:23, 01-Peb-13

@rifky,
bisa sob

nanang pada 20:27, 20-Peb-13

gan mau nanya nih,ane beli bibit ikan cupang jenis halfmoon,nah ane mau besarin,cara yg efektif buat besarin biar cepet besar dan tahan hidup gmn ya?soalnya pengalaman nanam 4000 ikan cuma panen 1500 -_-

Adie07 pada 09:41, 21-Peb-13

ga ad cara khusus ko brooo, yg penting qm harus memperhatikn mkanan sama kebersihan air nya aj...

nanang pada 20:51, 22-Peb-13

kasih makan yang baik buat yg dikolam tu yg gmn bro? pagi atau sore?
airnya diganti brp hari sekali?

marcel pada 16:08, 26-Peb-13

gan bisa di buat makanya cacing darah

jorat pada 00:01, 17-Apr-13

gan, apakah cupang betina juga membuat sarang gelembung atau tidak?

Ahmad Komarudin pada 13:53, 17-Apr-13

Bang kalo cupang kan meletakan telurnya di daun ketapang/eceng gondok ya? Nah kalo media lain selain daun ketapang/eceng gondok ada ga bang?

Adie07 pada 16:41, 21-Apr-13

@Ahmad Komarudin,
ad, bnyak misal x: strelpom, daun pisang, plastik dll

Adie07 pada 16:41, 21-Apr-13

@Ahmad Komarudin,
ad, bnyak misal x: strelpom, daun pisang, plastik dll

Adie07 pada 16:44, 21-Apr-13

@jorat,
bisa, tpi bisa x glumbung x kecil" dan g bnyak

aldo pada 07:59, 03-Mei-13

kalau ternak enaknya ternak sapi

rizqi ananda pada 00:01, 07-Mei-13

gan ane dah pdkt in cupangnya.nah stelah pdkt langsung gabungin cupangnya ap gimana?

Adie07 pada 08:07, 08-Mei-13

iyha... lngsung gabung j...twisted

Moeh_soe pada 15:52, 08-Mei-13

gan mau tanya ane setiap kali ternak 2-3 hari burayak psti mati itu apa penyebabnya ya gan?
trus media untuk penempatan telur cupang apa ya?

Adie07 pada 18:58, 09-Mei-13

coba airnya trlebih dulu qm kasi qaram, tuk media menaruh telur x baca j beberapa alternatif diatas

andy pada 18:32, 27-Mei-13

mau tanya nih mas?
waktu mindahin anakan yang baru netas itu sama jantannya atau wadahnya di sendirikan ?

Adie07 pada 19:28, 27-Mei-13

mksud x aq g ngrti nih....sad

boy pada 15:49, 12-Jun-13

mas, kalo anakan ikan sudah hbis kuning telurnya ?
langsung dipindahkan sama jantannya atau jantanya di sendirikan ?

cunien pada 18:02, 13-Agu-13

Mas mau nanya saya udah lakukkan semua petunjuk nya, tapi setelah duahari aq angkat indukan betina nya kok perutnya mash buncit trus mash ada putih2 nya di bawahnya, apa ikan nya belum bertelur ya..

Adie07 pada 18:59, 13-Agu-13

@cunien, cek aja pake sinter dibusa" nya tu ad g sdh telurnya, kalo ada pasti keliatan...

Tips: sebelum mengawinkan cupang terlebih dulu pilah indukan yg benar" sehat dan mentalnya bagus (khususnya jantan)...

Adie07 pada 19:02, 13-Agu-13

@boy, kalo anakan cupang dah mulai menyebar pindahkan saja langsung jantannya ga usah nunggu sampai 1 minggu... Trus langsung kasih makan..

medhed pada 22:36, 25-Mar-14

gan klo ikan jantan nya ga bikin busa tapi bisa kawin sama betina nya dan juga ngelurin telur .. itu gimana gan .. cupang ane cupang giant

Adie07 pada 07:54, 02-Apr-14

betina x kebesan atau jantan x kurang sehat atau mental cupang jantan qm masih cemen... hehe

Eka Permana pada 01:46, 07-Sep-14

Mau tny gan,,kira2 cari bibit ikan yg bgs dmn..?Thxs

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar