Cara Budidaya Ikan Guppy

Diposting oleh Adie07 pada 12:50, 12-Nov-12

Di: Dunia Air

Assalamu'Alaikum wr.wb
bismillah-thuluth.jpg

logo-bottom.gif

Emang ikan yg satu ini udah ga asing lg buat para pencinta ikan2 Hias, Selain karna Keindahan warna dan Ekor nya yg beraneka ragam, jg karna ikan ini tergolong mudah tuk di Budidayakan dan jg mempunya nilai Ekonomis yg cukup menjanjikan serta Peminat nya yg berlimpah ruah.

Di tempat Q martapura, Kal-Sel. Ikan ini sangat populer sekali, bahkan kepopulerannya bisa disetarakan dengan Ikan Cuppang sekalipun. Di sini ikan ini biasa dijual dari mulai harga Rp. 1000 (untuk guppy kampung) sampai dengan yg berharga Hingga ratusan ribu (untuk ikan Guppy jenis Ribbon dan Albino).

Jenis–Jenis ikan Guppy
jenis.jpg


Jenis ikan Guppy ini sebenarnya sangatlah bermacam–macam, Dan jenis ikan Guppy sendiri sangat mempengaruhi nilai jual ikan tersebut. Dan baru–baru ini banyak sekali jenis ikan guppy yang baru bermunculan, hal ini disebabkan karna adanya kawin silang pada guppy. Sehingga menimbulkan beranekaragaman jenis Ikan Guppy.

Pada umumnya jenis ikan Guppy dapat dibedakan dari bentuk ekornya, antara lain :

1. Wide tail (Ekor lebar)
ekor-lebar.jpg
Ciri – ciri dari Ikan jenis ini adalah memiliki bentuk ekor yang lebar

2. Sword tail (Ekor panjang)
ekorpanjang.jpg
Ciri ikan jenis ini adalah memiliki bentuk ekor yang panjang (tidak melebar)

3. Short tail (Ekor pendek)
ekorpendek.jpg
Dan Ciri khusus dari ikan ini adalah memiliki ekor pendek dan tidak melebar

Sedangkan pada saat ini ikan Guppy yang termahal adalah jenis albino dan Ribbon. Albino adalah jenis guppy yang memiliki mata yang berwarna merah , sedangkan jenis albino sendiri banyak sekali jenisnya, misalnya red albino, blue albino , cobra albino,dll
red-albino.jpeg
RED ALBINO


Sedangkan Ribbon dalah jenis Guppy yang seluruh tubuhnya berwarna hitam.
guppy.jpg
RIBBON



PEMIJAHAN
pemijahan.jpg


Pertama2 sebelum kita memulai pemijannya, kita harus bisa membedakan antara Guppy Jantan dan betina terlebih dulu:

Ciri-Ciri Induk Jantan

- Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yang panjang.
- Tubuh yg ramping
- Warna yg lebih cerah
- Sirip punggung yg lebih panjang
- Kepala yg lebih besar

Ciri-Ciri Induk Betina

- Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus.
- Tubuh yg gemuk
- Warna yg kurang cerah
- Sirip atas yg tidak terlalu panjang
- Dan Kepala yg agak runcing

TEKNIK PEMIJAHAN

Pemilihan induk. Pilihlah induk yang berukuran relatif besar, bentuk tubuh yang mengembung serta mempunyai warna yang indah.

Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam satu bak untuk beberapa pasang induk. Namun apabila menghendaki keturunan tertentu dapat pula dilakukan dengan cara memisahkan dalam bak tersendiri sepasang- sepasang.

Bak-bak pemijahan harus dikontrol setiap hari. Setelah lahir, anak-anak ikan harus cepat-cepat diambil dan dipisahkan dari induknya agar tidak dimakan oleh induknya.

Untuk mencari guppy yang bagus biasanya dapat dicari dengan betina yang mempunyai bentuk ekor yang bagus. Sedangkan untuk jantan biasanya dicari warna yang paling cerah juga dominan. Untuk guppy Ribbon, betina Ribbon sangat dominan, sedangkan untuk jantan tetap jantan normal, sehingga untuk mendapatkan guppy Ribbon jantan yang bagus masih diperlukan jantan normal. Sehingga untuk guppy ini bisa dijual per trio.

Perawatan Benih
benih.jpg


Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan, karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Setelah 4 ~ 5 hari anak ikan baru dapat diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring, atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan.

Setelah mencapai ukuran medium (2 ~ 3 cm) dapat diberikan makanan cacing, kemudian setelah mencapai ukuran dewasa (5 ~ 7 cm) dapat diberi makanan cuk.

Disamping makanan alami dapat pula diberi makanan tambahan berupa cacing kering, agar-agar dll. Pemberian makanan sebaiknya 2 kali sehari, hendaknya jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan pembusukan yang dapat meerusak kualitas air.

Air dalam bak atau aquarium jangan sampai kotor/keruh, karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapat dibersihkan setiap 2 ~ 3 hari sekali dengan cara disiphon, air yang terbuang pada waktu penyiphonan sebanyak 10 ~ 20% dapat diganti dengan air yang baru.
Cara Mengatasi Penyakit
sakit.jpg


Penyakit yang umum menimpa guppy adalah jamur. Perlu dipahami jamur tumbuh dengan cara yang berbeda dari bakteri. Jamur tumbuh dengan spora dan selalu tumbuh dengan kondisi tertentu. Mereka berkembang mempunyai siklus tertentu berupa spora.

Kemudian berubah menjadi organisme yang disebut miselium. Jamur ini dapat berkembang biak sangat cepat, berbentuk seperti benang/ulir dan membentuk jaringan-jaringan seperti lapisan yang tipis.

Sedangkan bakteri yang biasa menyerang guppy adalah mycobacterium piscium, juga beberapa penyebab lainnya.

Perlu diperhatikan untuk melakukan pengobatan secara efektif harus melakukan diagnosa yang akurat, sehingga dapat mengatasi penyakit yang timbul. Penyakit yang umum menyerang ikan guppy adalah :

1. Saprolegnia

Ciri-ciri ikan yang terserang adalah bercak-bercak putih pada kulit ikan. Perawatannya teteskan alkohol metapen dalam tempat sebanyak 2 tetes dalam satu galon air. Langkah selanjutnya berikan garam dan biarkan beberapa saat.

Berikan juga hydrogen peroksida untuk membunuh bakteri yang melekat pada jaring ikan atau kolam ikan selama 15 sampai 30 detik. Atau bisa juga digunakan malachite green atau methyline blue atau acriflavin sebagai disinfektan.

Cara perawatan ikan yang terkena infeksi bakteri sebaiknya diberi tambahan ruang sebelum mengobati.

2. Penyakit Bengkak atau Bloat

Ikan tampak gelisah, badan tampak lebih besar karena kembung. Ini disebabkan karena peradangan usus ikan. Isolasi ikan yang terkena, lalu masukkan ke dalam satu galon air yang telah dibubuhi 2 sendok penuh garam Inggris. Biarkan selama 4 atau 6 jam, kemudian tambahkan air lagi dan diamkan dulu selama 12 jam. Setelah sembuh dapat dikembalikan ke tempat asal.

3. Jamur Mulut

Ciri ikan yang terkena jamur mulut mudah dilihat dari warna putih yang terletak di depan mulutnya. Jamur putih tersebut merupakan koloni sangat besar yang menempel pada mulut ikan, sehingga menutup mulut ikan sampai tidak bisa bernapas dan makan, bahkan dapat menyebabkan ikan mati. Pengobatan menggunakan aureomycin 25 mg untuk 1 galon air tambahkan 1 tetes obat merah dan metopen 2 tetes.

4. Penyakit Insang

Ciri ikan yang terkena peradangan insang biasanya disebabkan oleh organisme virus. Ciri pada penyakit ini insang membuka, malas makan dan selalu di atas permukaan air. Penyakit ini disebabkan oleh beberapa bakteri dan jamur dan paling sulit untuk diatasi.

Ciri ikan ini jika mati insangnya tampak memerah dan membusuk lebih cepat dari badannya. Beberapa cara yang sudah berhasil dilakukan adalah dengan memberikan metapen mercurochrome direndam beberapa saat secara bersamaan kemudian lakukan perawatan dengan menggunakan air garam dan memberikan tempat yang lebih besar dan luas.

5. Penyakit Kembung

Ciri-ciri ikan yang terkena peradangan perut antara lain ikan tampak sulit berenang ke dasar. Cara mengatasinya berikan 1 sendok teh garam Inggris tiap 1/2 liter air, dan rendam ikan selama 3 sampai 4 jam, kemudian pindahkan ikan ke dalam tempat yang ketinggian airnya 3 kali tinggi badan ikan. Masih ada beberapa penyakit yang sudah umum diketahui, misalnya kutu atau jarum.

NB: Untuk tempat menemukan Obat2 diAtas kamu bisa mencari nya di toko2 Ikan Hias dan toko2 perikanan ditempat kamu.



Cukup sekian dari Aq sob, Walaupun Cuwa Artikel Copasan yg ditambah dengan sedikit pengalaman Q, semoga dapat bermanfaat aja buat teman2 yg mau Belajar bersama tuk membudidaya kan Ikan Guppy, Dan jika ada yg mau kamu tambahkan atau ditanyakan kamu bisa menulisnya di bawah, Karna disini Aq sama sekali ga ada maksud tuk menggurui atau apapaun, Aq cuma pengan disini bisa menjadi tempat shering Pengalan atau apapun yg bermanfaat Sesama pencinta dan Pembudidaya Ikan Hias (Khususnya Guppy).

Sumber:
zonaikankita.blogspot.com
suaramerdeka.com
icalizeter.blogspot.com

Wassalamu'Alaikum wr.wb
donasi.jpg


Artikel Terkait:
arrow.jpg Cara Budidaya Ikan Cupang

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

56 tanggapan untuk "Cara Budidaya Ikan Guppy"

Ade Kesturi pada 13:20, 12-Nov-12

Mantabb sob.. Kalo ditempat ane nih ikan namanya ikan tempalo biggrin

Adie07 pada 13:42, 12-Nov-12

haha, Ini nih yg namanya beda tempat beda nama..biggrin

Habirauwap pada 19:52, 12-Nov-12

Di Tunggu Kunbalnya

Imam Say pada 20:22, 12-Nov-12

red albino sama ribbon tu ane dmend bener, sma yg dijulukin gapy selendang

agung pada 20:42, 23-Nov-12

Bro, jual gapy yg bagus d'mna d'MARTAPURA.? Aku tinggil di sekumpul,

Adie07 pada 09:39, 25-Nov-12

Di antasan ada sob, di muka rmhnya ada urang bejualan sate, (dibawah jembatan)

Lawan di keraton digang alfattah ada situ ngaran yg bejualanx Aji

adam! pada 20:36, 09-Des-12

mas kalau kawin silang antara guppy dan ikan cere domestik ,soalnya pejantan guppy selalu kejar kejar betina padahal beda spesiaes jika bisa di kawinkan akan jadi spesies apa? guppy atau cere biasa
apakah guppy harus di kasih makan saat pemijahan

Adie07 pada 23:59, 09-Des-12

ikan cere tu sperti apa ya, aq baru denger nih, mungkin ditempat kita namanya beda.

Dikasih makan...

endy hendry pada 12:26, 16-Peb-13

BBC rumh imk dmnx bro d mtp? Kw kh auk nta nope imk nh?

Adie07 pada 10:01, 20-Peb-13

di gg. rahmat abadi, dhiga gg. al fattah, keraton

Gapi Guppy pada 06:38, 11-Mar-13

Uy buhannya masih bnyak kh lgi iwak guppy nya?

PUNI pada 13:10, 20-Mar-13

VERY NICE

I LIKE IT
THANK YOU

rozy pada 18:58, 02-Apr-13

Mau nanya ni gan,,
Apakah penggunaan airator oksigen dapat berpengaruh pada perkembangan ikan yg akan dikawinkan,,,?boleh atau tidak ya..??makasih,,

Adie07 pada 20:23, 08-Apr-13

@rozy,
asalkn airrator yg qm gunakn msih dlm batasn wajar,,, kya nya g berpengaruh deh...

jorat pada 23:57, 16-Apr-13

BBC , saya mau bertanya tentang ikan cupang nih ya, kalau tau, apakah ikan cupang betina itu membuat sarang gelembung?

Elmaut Diemati pada 09:42, 17-Apr-13

wal,minta no.hp.ikam pang? sms aja ke 081348173553.thank.

Elmaut Diemati pada 09:47, 17-Apr-13

Di Martapura dimana? kena kudatangi aku handak umpat manukar guppy.thank

Adie07 pada 16:43, 21-Apr-13

@Elmaut Diemati,
j, kna kna q sms

Naufal02 pada 21:38, 26-Apr-13

kalo ikan cupang jantan sama guppy betina bisa gak?? pliss tolong di jawab

Adie07 pada 19:27, 29-Apr-13

@Naufal02,
ya jelas g bisa exclaim

adzie pada 09:22, 05-Mei-13

bro..ikan apa aja sih yg bsa dgabungin sama guppy.agar pemijahan dan ank guppy tidak trganggu.blz biggrin

adzie pada 09:25, 05-Mei-13

bro..ikan apa aja sih yg bsa dgabungin sama guppy.agar pemijahan dan ank guppy tidak trganggu.blz biggrin

Agung pada 12:19, 05-Mei-13

@adzie
bnyak yg dpt di gabung sama guppy, asal ukuran nya jngn lebih besar dari indukan guppy nya, takutnya klau anakan guppy nya d'mkan

adzie pada 16:31, 05-Mei-13

@agung
wah anakan seluang mungkin ya. idea

agung pada 16:35, 05-Mei-13

Baik d'makan mun seluang, kena bwakan lah jri yg wide tail yg putih tu,

agung pada 16:39, 05-Mei-13

Baik d'mkan mun seluang, kena bwakan lah men guppy wide tail yg putih tu,

agung pada 19:54, 05-Mei-13

Di Makan'ai mun saluang ngitu,
bwakan lah kena guppy yg wide tile tuh.!

agung pada 19:56, 05-Mei-13

Di Makan'ai mun saluang ngitu,
bwakan lah kena guppy yg wide tail tuh.!

adzie pada 21:18, 05-Mei-13

@agung
sepph bro.gmana perkembngn guppy km gung? idea
@adie07
blz donk prtanyaan q.

agung pada 21:38, 05-Mei-13

Masih 39 ikung men, blum nambah, anakan guppy kam png kyapa,?

agung pada 21:40, 05-Mei-13

Masih 39 ikung men, blum nambah, anakan guppy kam png kyapa,?

Adie07 pada 19:10, 06-Mei-13

buhan bnjar jua kh nih....rolleyes

duhulu prnah pnk q cnpur lwn melati pedng & micky mouse , tpu mun.kwa baek kda usah d campur j pnk... klo" anak gapi"nya d makan x...wink

adzie pada 18:53, 07-Mei-13

@agung ,guppy q skitar 20an yg ank2 x. razz
@adie07 ,iya bnjr jua...klo melati pdng aq tau ikn nya,tapi klo ikn micky mouse t bru ini prnh dngar...kya gmn sh ikan x bro question

Adie07 pada 08:12, 08-Mei-13

oooo,

ikan x hapir sma dengn melati pedng kecil" jg...

jimmy chandra pada 13:41, 24-Mei-13

bro.. mau nanya nih,
gapi ane kalo di campur sama gapi yg beda warna'a kadang2 jadi ga aktif,apa ngaruh kalo gapi beda warna jadi ga aktif lagi?

thank bro.

Adie07 pada 07:05, 26-Mei-13

berpengaruh bnget sob...idea

fikri88 pada 12:31, 30-Mei-13

Agung@.. Minta no hp qm ato pin bb kawakah,, aq handak mencari guppy noah..

fikri88 pada 12:38, 30-Mei-13

Adie07@.. Minta no hp qm pang die?? Q handak betakun dmna2 aj yg bejual guppy ribon sama albino yg asli die ae.. Kawakah..??

adzie pada 10:11, 01-Jun-13

mau tanya nih.!
Guppy ribbon dcmpur ama guppy albino ama ikan moli.ikan micky mouse.terganggu lah pemijahan nx. biggrin

adzie pada 10:18, 01-Jun-13

mau tanya lg nih.
Apa penyebab guppy kampung berubh warna dari wrna cerah mnjdi warna pucat atau tdk crah ,dan ekor x menjdi tdk bgus lg.
Q tnggu jwbn x!

Adie07 pada 13:07, 02-Jun-13

@adzie, pengaruh x guppy ribbon qm jd g bagus lg n warna x jg bisa jd pucat+ekor x g bgus lg

Adie07 pada 19:24, 02-Jun-13

@fikri88,
kwa ae,ad tuh d,bwah...biggrin

adzie pada 19:15, 03-Jun-13

@adie07,thanks. Cuk ae warna x asal htm jd warna khjauan,jdi kda bsa lah guppy bda jenis dgabung.*

Adie07 pada 20:17, 03-Jun-13

@adzie, ih, low bleh tau dmna rmh ente sob... question

adzie pada 20:53, 04-Jun-13

@adie07 ,rmh q dskumpul,bro...

Adie07 pada 07:40, 05-Jun-13

d,skp dmna x? qm yg smlm k rmh kh....

agung pada 19:09, 17-Jun-13

@adie07, rumah kam yg gang al-fattah tu kah? Yg d'blakang rumah aji tuh?

soetedjo pada 02:02, 21-Jun-13

waa.... guppy gw beranaaaakkkkk asemmmm... telaadddd

Adie07 pada 01:28, 23-Jun-13

agung, iih

Ucan fauzan pada 22:20, 14-Agu-13

Klo perkawinan ikan guppy sama wild guppy nanti jadi speciaes apa ya
Guppy atau wild guppy?
Plis jawab ya smile

Adie07 pada 10:20, 15-Agu-13

kalonya guppy import dkawinkn sama wild guppy... Y sayang jg bro, soz anakannya bisa jdi g karuan...

adi daha pada 00:39, 21-Agu-13

Oii buhan paiwakan, aku みɑ̣̣̝̇̇♌ϑǎ̜̣̍Ƙ nyari lobster hias warna biru. Bos Adie tlg beri info lah wan auk. Wan jua gapi2 bnyk kah stok. No.hpku 081351777787

Silfarion Putra pada 14:02, 29-Sep-13

yang jual kutu air di martapura dimana yu?

Adie07 pada 19:19, 04-Okt-13

wdah amang ijul di pekauman, sidin rajin ad bejual kutir

chendy rizky pada 19:33, 18-Mei-14

mas sya ngawinin ni.. tp betina ny diam aj.. gmn tu?

Ibnu Asqallani pada 10:11, 16-Nov-14

Min...kalo anak gobi jerman yg baru lahir memang belum ada warnanya yaa..klo gobi saya anaknya baru 4 biji nih..apa nnt masih akan melahirkan lgi ya..saya dri medan

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar